PROPOSAL
PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA
MAHASISWA
UNIVERSITAS CORDOVA
TAHUN
2014
DESA
|
:
|
KECAMATAN
|
: BRANG REA
|
KABUPATEN
|
: SUMBAWA BARAT
|
PROVINSI
|
: NUSA TENGGARA BARAT
|
DISUSUN OLEH :
NO
|
NAMA
|
NIM
|
1
|
MUHAMMAD SYAFI’I
|
ABN :
|
2
|
TEGUH MANDRAGUNA
|
ABN :
|
3
|
ADE SANTOSO
|
ABN : 111 003
|
4
|
ZAENUDDIN
|
ABN : 111 030
|
5
|
NIZAR FAHRIZAL
|
ABN : 111
|
6
|
FITRIANI
|
ABN : 111
|
7
|
DEWI KOMALASARI
|
ABN : 111
|
8
|
SALAMA
|
ABN : 111
|
UNIVERSITAS CORDOVA INDONESIA
SUMBAWA BARAT
2014
KATA PENGANTAR
Bismillahrrahmaanrrahiim,,,
Puji syukur
alhamddulilah penyusun panjatkan ke- Hadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat dan hidayahnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan proposan
Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) ini tepat pada waktunya.
Kuliah Kerja
Nyata ( KKN ) merupakan mata kuliah yang wajib di laksanakan oleh semester VIII
dan wajib di ikuti bagi yang telah memenuhi syarat. Tujuan dari KKN tak lain
hanyalah suatu pembelajaran dan pengabdian langsung di masyarakat. Bagaimana
peran mahasiswa di masyrakat sehingga memperoleh ilmu yang bermanfaat yang
tidak di dapatkan di kampus. Dari KKN ini mahasiswa akan di latih bagaimana
memecahkan masalah yang ada di masyarakat guna mencapai kehidupan masyarakat
yang sejahtera.
Kami ucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan proposal
ini . Pembuatan proposal ini masih jauh dari sempurna kritik dan saran kami
tunggu untuk pembelajaran pembuatan proposal selanjutnya.
Taliwang, 4 September 2014
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan
wadah bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu – ilmu yang diperoleh dari Perguruan
Tinggi di masyarakat. Pelaksanaan KKN sebagai wahana pengabdian masyarakat
diharapkan juga dapat mengembangkan kemampuan praktis mahasiswa dalam menyerap
keahlian yang ada dimasyarakat. Sehingga KKN diharapkan mampu membantu
menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat dengan mengoptimalkan sumber daya
yang ada. Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang lahir dari proses pembangunan, pada
hakekatnya merupakan pelaksanaan dari falsafah pendidikan nasional, dalam
rangka Tri Darma Perguruan Tinggi.
Kuliah kerja nyata ( KKN ) juga
merupakan salah satu mata kuliah dalam perguruan tinggi. Dalam kegiatan ini,
mahasiswa melakukan segala tugas-tugas yang merupakan penerapan kegiatan
akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung oleh mahasiswa di lingkungan
masyarakat atau lembaga. Harapannya, mahasiswa memperoleh pengalaman yang dapat
meningkatkan kedewasaan atau profesionalisme untuk memperbaharui dan mewujudkan
tatanan kehidupan masyarakat yang lebih baik.
Dalam kaitannya dengan penelitian,
mahasiswa diajak untuk meneliti dan merumuskan masalah yang kompleks, menelaah
potensi-potensi dan kelemahan dalam masyarakat (sekolah) dan merumuskannya.
Dengan makin tingginya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka mahasiswa dituntut
untuk mengembangkan ilmu pengetahuan agar dapat berdaya dan berhasil guna. Oleh
karena itu, teori yang didapatkan dari bangku kuliah diharapkan dapat
diterapkan di lapangan. Pengetahuan teoritis belumlah dapat memberikan gambaran
yang konkret jika belum diterapkan di lapangan.
Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran
Pemberdayaan Masyarakat adalah suatu kegiatan intrakurikuler wajib yang
memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian
pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa, dalam kegiatan pemberdayaan
masyarakat. KKN juga merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan
teknologi, dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan
persyaratan tertentu.
Oleh karena itu, KKN diarahkan untuk
menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis.
Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi,
saling asah, asih, dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat. Melalui KKN
mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan
masyarakat sebagai wahana penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Secara lebih
nyata, KKN merupakan media penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat
secara sistematis dalam program pemberdayaan masyarakat. KKN juga diharapkan
menjadi pendorong pengembangan riset terapan secara mutualistik dalam rangka
membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat.
Untuk mencapai hal tersebut perlu adanya
wahana untuk membina dan melatih mahasiswa agar siap dan tanggap serta ikut
serta dalam proses pembangunan khususnya pembangunan pedesaan dilingkup
pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Berkaitan dengan hal tersebut Universitas
Cordova Indonesia sebagai salah satu institusi perguruan tinggi yang sekaligus
sebagai wahana pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, merasa
terpanggil untuk berpartisipasi secara nyata dalam bidang pembangunan khususnya
pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan melalui program Kuliah Kerja
Nyata (KKN).
Kegiatan KKN
diharapkan dapat mengembangkan kepekaan rasa dan kognisi sosial mahasiswa. Bagi
pemerintah daerah dan masyarakat setempat, kegiatan KKN dapat membantu
percepatan proses pembangunan serta membentuk kader penerus kegiatan
pembangunan.
Kegiatan KKN
yang akan kami lakukan di Dusun.....Desa ..... Kecamatan .... Kabupaten ......
Desa ........ ini berbatasan dengan :
Batas
|
Desa / kelurahan
|
Kecamatan
|
Sebelah utara
|
Dana Mulya
|
Plumbon
|
Sebelah selatan
|
Karang
Asem
|
Plumbon
|
Sebelah
timur
|
Tegalsari
|
Plered
|
Sebelah
barat
|
pesanggarahan
|
Plumbon
|
C.
Tujuan
Tujuan
dari kegiatan ini adalah:
a. Mempersiapkan
mahasiswa menjadi sarjana penerus pembangunan yang mampu menghayati
permasalahan komplek yang dihadapi masyarakat dan belajar menanggulangi
permasalahan tersebut secara pragmatis dan terpadu.
b. Mendekatkan
perguruan tinggi dengan masyarakat, pemerintah daerah dan instansi lain yang
terkait sehingga memperoleh umpan balik dalam rangka peningkatan relevansi
Tridharma Perguruan Tinggi dengan tuntutan pembangunan.
c. Mengembangkan
pengetahuan, sikap, dan keterampilan mahasiswa melalui penerapan ilmu,
teknologi dan seni di bidang pertanian dalam arti luas melalui pengembangan
kewirausahaan serta melatih mahasiswa untuk bekerjasama antar bidang keahlian
secara terpadu.
BAB II
PENGELOLAAN KULIAH KERJA NYATA ( KKN
)
A. METODE PELAKSANAAN
PROGRAM
1. Persiapan
Yaitu perizinan dan perencanaan kegiatan KKN
2. Pelaksanaan
Mahasiswa terjun ke lapangan dan mengadakan rapat koordinasi, serta
pembuatan kelengkapan
administrasi.
3. Evaluasi Program
Pembenahan akhir dan pemantauan pelaksanaan tugas yang telah
dilaksanakan
4. Penyusunan laporan
Pembuatan laporan sebagai rekomendasi dari kegiatan yang telah
dilaksanakan
5. Persyaratan Peserta
Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa Semester VII Universitas Cordova Indonesia yang sudah
memenuhi persyaratan sebagaimana mestinya.
6. Lama Kegiatan
Kegiatan lapangan dilaksanakan selama 1 bulan penuh
B. LEMBAGA PENGELOLA
Pelaksanaan KKN dikelola oleh Kepala Bidang Pengelolaan KKN dengan
tugas dan wewenang sebagai berikut:
a.
Bertindak sebagai koordinator dalam
pelaksanaan KKN.
b.
Merencanakan,
membuat keputusan, mengarahkan, mengkoordinasi,
c.
Mengawasi,
mengevaluasi dan mengembangkan pelaksanaan KKN PPM.
d.
Bertanggung
jawab kepada Kegiatan KKN.
E. KEPENGURUSAN KULIAH KERJA NYATA ( KKN )
1) Dosen Pendamping
Lapangan
a. Nama :
b. NIP :
2).
Anggota KKN
1) Ketua
: Muhammad Syafi’i
2) Sekretaris : Teguh Mandraguna
3) Bendahara :
Fitriani
4) Humas : Zaenuddin, Ade
Santoso dan Dewi Komalasari
5) Konsumsi : Salama, Dewi Komalasari dan Fitriani
A.
Nama kegiatan
Nama kegiatan ini adalah : “ Kuliah Kerja Nyata ”.
B.
Bentuk kegiatan
1. Bidang Agama dan
Kemasyarakatan
Jenis Program dan
Kegiatan-kegiatannya :
a.
Tadarusan Selama Bulan Suci Ramadhan
b.
Lomba Pidato, Lomba Adzan, Lomba
Ayat-ayat Pendek dan Lomba Sholat
c.
Magrib Mengaji
d.
Buka puasa bersama
e.
Pengajian Akbar
2. Bidang Pendidikan dan
Pelatihan
Jenis Program dan
Kegiatan-kegiatannya :
a.
Pengentasan Buta Aksara
b.
Kursus Singkat Bahasa
Inggris
c.
Mengajar Mengaji
d.
Mengajar Ilmu Tajwid
e.
Pembentukan Kelompok
Seni
f.
Lomba Cerdas Cermat dan
Lomba Kaligrafi
3. Bidang Ekonomi dan
Usaha Produktif
Jenis Program dan
Kegiatan-kegiatannya :
a.
Seminar Tentang Koperasi Berbasis Rukun Tetangga
b.
Penyuluhan Tentang Pertanian
4. Bidang Teknologi dan
Informasi
Jenis Program dan
Kegiatan-kegiatannya :
a.
Kursus Singkat Pengoperasian Komputer dan
Internet
b.
Seminar Teknologi dan
Informasi
5. Bidang Kesehatan dan Keluarga Berencana
Jenis Program dan
Kegiatan-kegiatannya :
a.
Penyuluhan Tentang Narkoba dan HIV AIDS
b.
Pembuatan Apotek Hidup
6. Bidang Kebersihan dan
Lingkungan Hidup
Jenis Program dan
Kegiatan-kegiatannya :
a.
Jum'at Bersih dan Gotong Royong Membersihkan
Selokan
b.
Penanaman Pohon Buah
c.
Lomba Kerajinan Tangan.
7.
Bidang Sarana Prasarana Kelurahan
Jenis Program dan
Kegiatan-kegiatannya :
a.
Pembuatan Papan Nama Gang
b.
Pembuatan Tuguh Batas
Desa
8. Bidang Budaya dan
Olahraga
Jenis Program dan
Kegiatan-kegiatannya :
a.
Pertandingan Bola Volly
dan Sepak Takrao
b.
Lomba Balawas dan
Batuter.
c.
Sayonara / Pelepasan
C.
Landasan
kegiatan
1. Undang-undang
No.20 Th. 2003 tentang pendidikan nasional
2. Statuta
Universitas Cordova Indonesia No.01/YWPPI/VII/2009 tentang organisasi
kemahasiswaan
3. Tri Dharma
Perguruan Tuinggi
D.
Peserta
Kegiatan
Adapun Peserta Kegiatan Terlampir.
E.
Waktu Dan
Tempat Kegiatan
Waktu
pelaksanaan kegiatan tanggal 8 Agustus s/d ...September 2014, bertempat di Dusun......,Desa......., Kec. Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat.
F.
Sasaran
Adapun Sasaran Kegiatan Ini adalah Seluruh Elemen Masyarakat Dusun....... yang di harapkan bisa memberikan
manfaat :
1. Manfaat bagi Pemerintah Daerah / Lokasi KKN
a. Memperoleh bantuan tenaga dan Pikiran untuk merencakan
dan melaksanakan proyek pembangunan.
b. Cara berpikir, bersikap dan bertindak akan lebih baik dan
terarah sesuai denga perogram pembangunan
c. Memperoleh masukan yang positif dari masyarakat guna
kelancaran dan keberhasilan pembangunan.
2. Manfaat Bagi
Universitas Cordova
a. Perguruan
tinggi akan lebih mantap dalam proses transpormasi keilmuan, karena umpan balik
dari hasil integrasi mahasiwa dengan masyarakat sehingga kurikulum diperguruan
tinggi dapat selaras dengan tuntutan pembangunan
b. Mempererat dan meningkatkan kerjasama antara
perguruna tinggi sebagai pusat ilmu dan teknologi dengan instansi-instansi
serta departemen-departemen terkait dalam proses pembangunan.
c. Meningkatkan hubungan yang harmonis anatara
dunia perguruan tinggi dengan masyarakat dalam pembangunan sehingga tercipta
hubungan timbal balik yang positif.
3. Manfaat Bagi Mahasiswa
a.
. Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa
tentang cara
berpikir dan bekerja secara indisipliner
atau cross sectoral
b.
Kegunaan
hasil penyelidikannya bagi pembangunan umumnya dan daerah pada khususnya.
c.
Konteks
keseluruhan dan masalah pembangunan dan pengembangan daerah kelurahan.
e.
Mendewasakan
alam pikiran untuk melaksanakan setiap penelaahan dan pemecahan masalah yang
dihadapi masyarakat secara ilmiah.
f.
Memberikan
keterampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan program-program pengembangan
dan pembangunan desa
g.
Membina
mahasiswa menjadi motivator, problem solver dan dinamisator serta meningkatkan,
memperluas dan mempercepat kerjasama secara onal.
h.
Memberikan
pengalaman dan keterampilan pada mahasiswa sebagai kader pembangunan, disamping
itu juga diharapkan sikap dan rasa cinta serta bertanggung jawab pada kemajuan
masyarakat pedesaan, sehingga bila telah menjadi sarjana sanggup ditempatkan
dimana saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar